25 Januari 2009

SENANDUNG SUPRI KECIL



Aku tak bisa seperti kau
Bangun pagi-pagi bersiap diri
Memakai seragam putih merah
Tas menggantung di punggung
Penuh sesak dengan buku-buku
Lalu berderap semangat menuju sekolah

Aku tak bisa seperti kau
Duduk manis dalam kelas
Mendengar bu guru cantik mendongeng
Berpusing dengan rumus-rumus,
Aljabar, dan angka-angka
Dan tertimbun dalam kubangan buku

Aku tak bisa seperti kau
Berteriak lantang
Dengan baju bermandi cat warna-warni
Pulang ke rumah
Dengan senyum tertempel lebar
Dengan ijazah tergenggam

Aku tak bisa seperti kau
Aku ingin seperti kau
Tapi aku bukan seperti kau
Daya apa dalam raga

Jer basuki mawa beya
Biaya?
Biaya sekolah tergantung di langit
Tanganku terlalu lemah untuk melambai
Ragaku teralalu rapuh untuk mengunduh

Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina
Bagaimana aku melompat ke sana?
Menuju sekolah di depan matapun
Kakiku tak daya melangkah

Tak pernah terbesit di otakku
Tentang cita-cita
Di terbang dibawa gelap
Sebelum aku menapakkan kaki di bumi

Aku ingin seperti kau
Namun aku tak bisa seperti kau
Aku bukan kau

Sanggar Sastra Wedang Kendhi, Februari 2008

0 komentar:

Posting Komentar